07 February 2019

Portofolio 7 Februari 2018

#YukNabungSahamSetelah lama gak update posisi portofolio, kali ini saya akan kembali melakukan update portofolio saham saya per penutupan sore hari ini. Alhamdulillah saya mulai bisa mengendalikan diri dalam menabung (investasi) saham. Dalam artian saya terus belajar meningkatkan kemampuan pengetahuan sehingga bisa berpikir lebih logis dan lebih penuh perhitungan ketika ingin membeli sebuah saham. Dan proses belajar ini tidak boleh sampai berhenti ! Setelah setahun yang lalu saya memposting portofolio saham saya yang berantakan di sini, dalam rentang setahun itu saya tidak berhenti belajar. Banyak yang mengatakan kalau ingin belajar investasi / trading saham kita harus memiliki mentor. Namun di zaman serba online, kita bisa menemukan banyak mentor di Youtube yang membagi pengetahuannya secara cuma-cuma meskipun ada diantara mereka yang juga "jualan" seminar bagi yang beminat mengikutinya. Berikut portofolio saham saya yang saya screen shoot dari aplikasi eSmart BNI Sekuritas:

portofolio saham

Jumlah saham yang saya koleksi saat ini hanya 5, mengingat sebagai pemain ritel modal juga gak besar. Dan dengan jumlah saham yang "sedikit" pun mengontrolnya jadi lebih mudah. Kedepannya saya usahakan jumlah saham yang saya koleksi hanya maksimal 10 saja, sesuai dengan perkembangan modal saya.

Sekali lagi saya ingin sampaikan bahwa yang paling penting dalam menabung (investasi) saham yaitu pengalaman dan belajar. Pengalaman membentuk keahlian dan belajar membentuk pengetahuan. Keduanya sangat penting dimiliki oleh kita dalam menekuni suatu pekerjaan, termasuk investasi saham ini. Jangan pernah merasa cukup dan merasa pintar !

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment

Jika berkenan, kamu bisa memberikan komentar disini, dan jika kamu punya blog, saya akan kunjung balik. (Isi komentar diluar tanggung jawab kami).