13 August 2017

Toko Online, Gak Cuma Belanja Tapi Juga Bisa Nabung Emas

BukaEmas
Ketika mendengar kata toko online, pasti yang terpikir oleh kita adalah belanja yang mudah dan praktis. Bagaimana tidak mudah, cukup melihat barang dari gadget kita, lalu melakukan pemesanan dan membayarnya maka beberapa hari kemudian barang sudah sampai kerumah kita.

Tapi ada toko online yang juga memberikan layanan tidak hanya untuk membeli dan menjual produk, namun dilengkapi fitur investasi, yaitu Bukalapak.com. Di Bukalapak.com ini ada dua pilihan investasi yaitu BukaReksa untuk investasi reksadana dan BukaEmas untuk investasi emas dengan cara menabung emas. Yang hebatnya mulai dari lima ribuan rupiah (setara dengan 0,01 gr emas) kita sudah mulai bisa mengkonversi rupiah kita menjadi emas.

Cara menabung emas di BukaEmas cukup mudah, yang pasti anda harus punya akun dulu di Bukalapak.com. Setelah itu anda harus mengisi saldo BukaDompet anda. Nah kalau saldo BukaDompet anda sudah terisi, mulailah anda bisa membeli emas.


Saran saya, belilah emas ketika harga lagi turun, yaitu saat grafik menunjukan warna penuh. Jadi kalau anda ingin menginvestasikan uang anda untuk membeli emas, katakanlah 500 ribu rupiah ke BukaEmas, yang harus anda lakukan adalah jangan membeli langsung semua, tapi cicillah. Lihat grafik, jika turun, beli sedikit, jika turun beli sedikit, begitu seterusnya sampai uang anda habis semua terkonversi menjadi emas.

BukaEmas
Grafik menunjukan harga emas sedang naik

Pembelian dapat anda lakukan mulai dari pilihan pecahan 0.01 gr, 0.25 gr, 0.5 gr, 1 gr dan 5 gr. Anda bisa juga memasukan angka gram dengan cara mengetikannya, minimum 0.005 gram dan maksimum pembelian emas per hari adalah 850 gram.

Investasi emas adalah investasi yang likuid, artinya mudah dicairkan. Namun demikian sebaiknya investasi emas dilakukan dalam jangka panjang dan kita baru bisa “memanennya” jika sudah diatas 1 tahun, bahkan time horizon investasi emas itu 3 – 5 tahun baru mendapatkan kenaikan yang signifikan.

Nah kalau di BukaEmas  indikatornya simpel, saja anda cukup melihat Harga Jual Per Gram, jika sudah melebihi harga yang kita keluarkan dalam membeli (Harga Emas per Gram dalam riwayat transaksi), maka saatnya untuk “dipanen”. Artinya selisih harga jual dan harga beli telah terlampaui. Di BukaEmas ini pencatatan transaksi cukup rapi, namun sayangnya setiap transaksi kita tidak di forward ke email, jadi kita harus screen capture dari web Bukalapak.com untuk pencatatan sendiri.

BukaEmas
Saldo & Transaksi menampilkan harga emas dan riwayat transaksi

Emas yang kita sudah kumpulkan dapat kita ambil dalam bentuk fisik yang dikirim ke alamat kita maupun kita cairkan dalam bentuk rupiah.


So BukaEmas dengan segala kemudahannya bisa dijadikan salah satu pilihan investasi anda, khususnya investasi logam mulia.

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment

Jika berkenan, kamu bisa memberikan komentar disini, dan jika kamu punya blog, saya akan kunjung balik :)