22 February 2017

Blogwalking, kearifan lokal para blogger yang harus dilestarikan

artikel
Bagi seorang blogger, istilah blogwalking bukanlah istilah yang asing lagi. Blogwalking adalah kita mengunjungi blog orang lain kemudian meninggalkan jejak diblog tersebut dengan cara memberi komentar ataupun sekedar menyapa melalui shoutbox.

Blogwalking dipercaya dapat meningkatkan trafik kepada blog kita sendiri, setidaknya jika blogger yang kita kunjungi "baik hati" maka etikanya meskipun tidak diminta adalah melakukan kunjungan balik ke blog pemberi komentar. Tentu saja jika komentator tersebut memasukan url blognya. Dengan begitu ada saling kunjung-mengunjungi, dan saling meramaikan blog diantara sesama blogger yang ujung-ujungnya meningkatnya trafik pada blog mereka.

Oleh karena blogwalking itu, pada kolom komentar blog ini saya menyediakan profil untuk para komentator yang juga seorang blogger untuk memberikan komentar dengan memasukan nama dan url blog mereka. Tujuannya apa, saya akan kunjungi balik blog mereka.

Blogwalking bisa dikatakan sebuah kearifan lokal dalam dunia blogger, meskipun tidak diatur secara tertulis, blogger yang baik hendaklah sebisa mungkin untuk melakukan blogwalking, dan blogger yang dikunjungi hendaknya melakukan kunjungan balik.

Sekarang, apa sih keuntungan dari blogwalking?
  • Mempromosikan blog kita sendiri. Dengan blogwalking kita dapat memasukan pada kolom komentar alamat url blog kita. Dengan begitu blog kita semakin dikenal dan kemungkinan besar akan ada kunjungan balik, baik dari pemilik blog yang kita kunjungi maupun dari para blogwalker lainnya.
  • Mencari ide untuk menulis. Kadangkala sebagai seorang blogger kita kehabisan ide untuk menulis. Dengan sering melakukan blogwalking kita semakin sering membaca berbagai artikel yang ditulis oleh blogger lain. Mungkin saja diantara artikel-artikel yang kita baca akan mendatangkan inspirasi untuk kita membuat sebuah konten di blog kita sendiri.
  • Meningkatkan trafik kunjungan ke blog kita. Sebagai mana point pertama yang saya tulis, blogwalking dapat mempromosikan blog bahkan secara gratis, tentu dengan semakin kita berpromosi, maka semakin terkenal blog kita. Semakin banyak link-link yang kita tinggalkan pada blog orang lain, maka semakin besar kemungkinan kunjungan yang terjadi pada blog kita. Nah dari seringnya orang berkunjung, maka akan meningkatkan trafik blog kita.
  • Mendapatkan backlink. Url yang kita tinggalkan pada blog do follow akan memberikan backling berupa inbound link (link masuk) pada blog atau artikel di blog kita sesuai url yang kita tinggalkan. Inbound ini memberikan nilai plus dimata mesin pencari maupun layanan pembuat peringkat. Semakin banyak link masuk, blog kita akan dianggap sebagai blog yang populer. Meskipun jika berlebihan bisa dianggap blog spam dan malah bisa kena pinalty mesin pencari.
  • Sebagai sarana silaturahim. Ingat, seorang blogger adalah manusia, tentu membutuhkan sentuhan humanis juga, tidak sekedar machine oriented (search engine oriented). Oleh karena itu ketika kita melakukan blogwalking dan ingin menginggalkan jejak, hendaklah memberi komentar yang setidaknya nyambung dengan artikel yang ditulis oleh blogger tersebut. Artinya disini kita menghargai dengan membaca hasil karya dia. Tidak sekedar berkunjung, lalu membuka artikel dan menulis komentar seadanya, misalnya: "Artikelnya bagus," "Salam kenal ya," atau malah "Ditunggu kunjungan baliknya bro." Tentu ini terlalu frontal pamrihnya. Berikan komentar yang baik, yang sesuai dengan artikelnya. Itu cara menyentuh blogger secara humanis menurut saya.
jejaring sosial
Maraknya situs jejaring sosial
dapat menggerus trafik sebuah blog

Itulah beberapa keuntungan dari blogwalking dan tentunya masih banyak lagi yang belum sempat saya pikir dan tuliskan. Oleh karena itu, hendaklah seorang blogger terus melestarikan bahkan menggiatkan kembali kearifan lokal ini. Kalau perlu ditarget, dalam sehari berapa blog yang akan dikunjungi, atau dalam seminggu berapa kali kita melakukan blogwalking. Dan sebagai pemilik blog yang dikunjungi, hendaklah berkunjung balik. Diharapkan dengan seringnya melakukan blogwalking, blog kita akan lebih ramai lagi setelah selama ini trafik blog tergerus dengan keberadaan jejaring sosial.

Artikel Terkait:

2 comments:

  1. seminggu kemarin jarang banget bw, karena emmang belum tersentuh aja, bw itu perlu banget, nambah teman dan tentunya back link hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, saya juga karena sibuk nge-tweet :D

      Delete

Jika berkenan, kamu bisa memberikan komentar disini, dan jika kamu punya blog, saya akan kunjung balik :)