20 January 2017

Lagi ramai berita anggota ormas disangka melecehkan Merah Putih

Lagi ramai berita anggota ormas disangka melecehkan Merah Putih
Sedang ramai berita tentang pelecehan bendera Merah Putih, bendera kebanggaan bangsa Indonesia, yang dilakukan oleh peserta aksi dari Front Pembela Islam. Dimana ada sebuah bendera Merah Putih yang dikibarkan namun dalam bendera tersebut terdapat tulisan Arab dan gambar 2 pedang bersilang. Entah apa tulisannya, tapi sepertinya kalimat Tauhid, kalimat tertinggi yang diyakini oleh ummat Islam.


Di Indonesia, memang sangat tidak dibolehkan untuk melakukan hal yang dianggap melecehkan lambang negara, aturan itu tertuang dalam UU no. 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan. Berikut pasal-pasalnya:

Pasal 24 a jo Pasal 66

Setiap orang dilarang: (a) merusak, merobek, menginjak-injak, membakar, atau melakukan perbuatan lain dengan maksud menodai, menghina, atau merendahkan kehormatan Bendera Negara dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 tahun atau denda paling banyak Rp. 500.000.000,00

Pasal 24 b atau c atau d atau 3 jo Pasal 67

Setiap orang dilarang: (b) memakai Bendera Negara untuk reklame atau iklan komersial; (c) mengibarkan Bendera Negara yang rusak, robek, luntur, kusut, atau kusam; (d) mencetak, menyulam, dan menulis huruf, angka, gambar atau tanda lain dan memasang lencana atau benda apapun pada Bendera Negara; dan (e) memakai Bendera Negara untuk langit-langit, atap, pembungkus barang, dan tutup barang yang dapat menurunkan kehormatan Bendera Negara dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 tahun dan denda paling banyak Rp. 100.000.000,00

Pada Pasal 24 a jo Pasal 26 terdapat  kata "... atau melakukan perbuatan lain dengan maksud menodai, menghina, atau merendahkan kehormatan Bendera Negara ..."

Lagi-lagi kalau ada kata "dengan maksud" kaitannya dengan niat. Kalau urusan niat sebenarnya cuma Allah yang tahu ☺

Kemudian pada Pasal 24 b atau c atau d atau 3 jo Pasal 67 ada kata "... yang dapat menurunkan kehormatan  Bendera Negara ..." Artinya dilakukan untuk menurunkan kehormatan, saya sih bukan pakar hukum, tapi logika saya kalau bendera ditulisi kalimat Tauhid justru maksud yang bersangkutan adalah bukan untuk menurunkan kehormatan. Kalau menurunkan kehormatan mungkin bendera itu dicorat-coret gak karuan atau diperlakukan seperti gambar berikut:

Lagi ramai berita anggota ormas disangka melecehkan Merah Putih

atau malah gambar dibawah ini:

Lagi ramai berita anggota ormas disangka melecehkan Merah Putih

Dan masih banyak lagi kalau anda mencarinya di Google gambar-gambar yang melecehkan bendera negara.

Kemudian ada lagi gambar berikut:

Lagi ramai berita anggota ormas disangka melecehkan Merah Putih

Lagi ramai berita anggota ormas disangka melecehkan Merah Putih

Grup band kegemaran Bapak Jokowi pun melakukan hal yang sama, apa ini melecehkan? Saya yakin niatnya sama dengan peserta aksi dari FPI tadi, bukan untuk melecehkan tapi lebih kepada euforia kebanggan, kegembiraan dan sejenisnya. Metallica adalah band kebanggaan bagi personilnya dan tentu juga penggemarnya, jadi ketika mereka menggambar logo Metallica didalam bendera Merah Putih dan ada pula tertulis nama Solo - Indonesia, tentu niatnya bukan melecehkan meskipun tetap melanggar UU. Dan seharusnya jika memang dianggap menodai, ketika melihat hal itu aparat yang berjaga saat konser segera mencegah dikibarkannya dan merebutnya atau setidaknya meminta panitia untuk mengambil bendera-bendera bertuliskan Metallica. Seperti ketika demo OPM, saat akan membakar bendera Merah Putih atau ada usaha-usaha menurunkannya, aparat bergerak sigap mencegah dan merebut bendera Merah Putih untuk diamankan.

Saya berharap Polisi bisa bijaksana, gak haruslah dihukum dengan hukuman maksimal. Lebih baik diberi hukuman pembinaan, syukur-syukur malah dijadikan duta seperti halnya Zaskia Gotik ketika melecehkan Pancasila yang malah dipanggil PKB, dibina lalu dijadikan Duta Pancasila. Mungkin ada parpol yang juga tertarik untuk membina dan menjadikan peserta aksi dari FPI tersebut menjadi Duta Merah Putih? 

Semoga kita bisa lebih menghargai jasa para pejuang pendiri bangsa ini ☺

---
Seluruh gambar pada postingan ini diambil melalui mesin pencari Google (bersifat public domain) dengan keyword "pelecehan merah putih" dan bukan merupakan karya penulis.

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment

Jika berkenan, kamu bisa memberikan komentar disini, dan jika kamu punya blog, saya akan kunjung balik. (Isi komentar diluar tanggung jawab kami).