29 September 2016

Beras Merah Makanan Diet Gue #eeaa

beras merah
ilustrasi: kompasiana
Jadi ceritanya gue dibeliin nasi bungkus sama temen kerja gue. Berhubung warung nasinya belum masak nasi untuk jualan dan baru ada nasi untuk keluarganya aja yang kebetulan nasi dari beras merah, nah karena kenal dengan teman gue yang membeli, akhirnya dikasihlah nasi bungkus dengan beras merah, spesial banget :)

Sebenarnya gue gak terlalu nafsu liat beras merah, warnanya itu loh yang bikin sensor rasa di lidah gue agak sedikit melenceng ke arah rasa manis, soalnya bentuknya mirip ketan hitam. Gue juga suka bayangin kalau makan rendang pakai nasi merah, waduh kayanya akan merusak cita rasa rendang sebagai makanan terlezat di dunia.

Karena sudah disediakan nasi bungkus, ya mau tidak mau gue makan, eh ternyata rasanya sama kaya nasi biasa, apalagi kalau makannya sambil memejamkan mata, hampir gak ada bedanya. Langsung deh pulang kerja gue niat mau cari beras merah, nah kebetulan pas mampir ke Alfamart ternyata ada yang ukuran 2Kg seharga 27 ribuan. Gue beli deh.

Selama ini, gue selalu sedia oatmeal merah, ya kalau malam-malam gue laper terus gak ada makanan berat semacam sate padang, gue ambil air segelas besar, terus gue masukan oatmeal 3 sendok makan. Gue diemin sebentar biar agak lunak, setelah itu gue aduk dan gue minum langsung. Jangan bayangin rasanya, agak pahit dan hambar. Tapi dari pada gue makan Indomie, kayanya mending gue kembung sama oatmeal. Bayangin, air segelas besar, gue tambahin oatmeal 3 sendok makan penuh, kembungnya kaya apaan coba. Tapi seenggaknya gue gak nimbun kalori pas tidur malam :P

beras merah
Ilustrasi: nuripurwanti.blog.upi.edu
Nah kembali ke beras merah, karena gue kudet terhadap apa dan siapa beras merah itu, makanya gue cari-cari info di Google khususnya tentang manfaat beras merah. Beras merah itu kaya akan serat, jadi lebih baik dari nasi putih yang seratnya lebih sedikit. Serat dalam beras merah bisa mengikat lemak dan mencegah masalah pencernaan seperti sembelit. Udah gitu beras merah lebih membuat kenyang tahan lama, nah ini penting bagi gue, masalahnya perut gue udah off sifde gara-gara sebentar-bentar gue merasa lapar. Beras merah juga baik bagi penderita gula darah, kolesterol tinggi dan bisa mencegah penyakit jantung. Silahkan deh cari di Google banyak tulisan-tulisan yang memuja dan memuji beras merah.

Nah terus cara masaknya bagaimana? Kebetulan istri pernah punya trauma buruk dengan beras merah, dimana ortu nya memasak beras merah dan pas dimakan kok kaya nasi liwet. Semenjak itu dia under estimate terhadap beras merah. Rupanya salah dalam memasaknya.

Untuk memasak beras merah, karena teksturnya lebih kasar dan lebih keras dari beras putih, maka sebelum dimasak harus direndam dulu 30-60 menit. Jadi pas nyuci beras merah, lalu mengisi air untuk memasak dalam magic com, jangan langsung dihidupkan magic com nya, tapi biarkan beras merah terendam dulu. Setelah itu baru deh hidupkan pada posisi cooking.

Penggunaan airnya juga harus lebih banyak dari beras biasa, perbandingannya 1 banding 3. Nah supaya pulen, banyak yang menganjurkannya untuk mencampur beras merah dengan beras putih, perbandingannya 3 bagian beras merah dengan 1 bagian beras putih. Ada juga yang berpendapat 1 berbanding 1 juga gak apa-apa.

Nah beras merah ini katanya cepat tengik kalau disimpan di udara terbuka. Jadi cara penyimpannannya adalah dengan memasukan kedalam wadah tertutup lalu disimpan dalam lemari es, dengan begitu beras merah dapat bertahan sampai 6 bulan.

beras merah
Ilustrasi: detoxlemak.com
Dalam beras merah sering ditemui kutu, sebenarnya ada positifnya jika beras terdapat kutu, artinya beras tidak memakan zat klorin, alias alami tanpa kimiawi. Namun masalahnya jika kutu terlalu banyak yang ada kita malah makan kutu bukan makan nasi. Beras merah yang dibiarkan berkutu lama kelamaan akan rusak dan nutrisinya akan berkurang. Nah untuk mengusir kutu ada beberapa cara yang sering diterapkan, diantaranya dengan menggunakan bawang putih yang sudah dikupas lalu diletakan dalam beras merah, maka kutu akan kabur, namun cairan dari bawang putih bisa merusak beras merah. Cara kedua dengan meletakan kulit jeruk, kayu manis, cabe kering atau lada kering. Salah satu diantara bumbu dapur-bumbu dapur tersebut secara tradisional digunakan untuk mengusir kutu beras.

Gue ada keinginan sih mengganti nasi putih dengan nasi merah, biar lebih sehat. Tapi untuk sementara campur dulu deh dengan nasi putih. Atau dalam seminggu usahakan 2 hari makan dengan beras merah. Gue akan coba walaupun beras merah harganya lebih mahal, tapi kesehatan itu kan investasi. Lo punya duit banyak tapi sakit, apa enaknya? Mendingan lo gak punya duit tapi sehat, gak enak juga sih :P Semoga artikel ini bermanfaat :)

Baca Juga Dong...

1 comment:

Jika berkenan, kamu bisa memberikan komentar disini, dan jika kamu punya blog, saya akan kunjung balik :)