22 August 2016

Sistem Antrian SMS Gateway RSUD Depok, cukup inovatif :)

RSUD Depok
sumber gambar: nasional.republika.co.id
Anak saya sakit batuk dan pilek serta demam. Sudah ketiga kali ke Puskesmas dan kemudian harus dirujuk untuk penanganan lebih lanjut. Tadinya sih dokter menawarkan dirujuk ke RS. Bakti Yudha, awalnya saya oke saja. Tapi katanya kalau untuk mantoux gak ditanggung. Akhirnya cari aman dokter merujuk ke RSUD Depok yang merupakan rumah sakit pemerintah.

RSUD, dengar namanya aja pikiran saya sudah under estimate. Satu kata untuk yang namanya RSUD, crowded alias krodit. Layanan ancur-ancuran dan antrinya itu lho, bisa dari jam tahajud kita udah gelar tiker disana kalau mau dapat antrian depan.

Tapi…tapi…tapi…tapi… katanya ada cara yang cukup inovatif untuk mempermudah mengantri dan sekaligus untuk memecah antrian agar tidak menumpuk disatu waktu tertentu, yaitu melalui SMS Gateway. Jadi sebelum ke RSUD Depok, apabila kita pasien baru, maka kita kirim SMS dengan format: REG1#NAMA#NIK#TGL.LAHIR#ALAMAT. Untuk tanggal lahir formatnya DD/MM/YYYY.

Contoh: REG1#ALMIRA AYYESHA#327606012345#JL. CINTA NO. 1 RT 02 RW 03 BEJI DEPOK.

Jika format sudah benar, maka akan ada balasan:

“Terima kasih atas registrasi anda di RSUD SMS Gateway. Data Anda sedang kami proses. Daftar Poli dgn format DAFPAS(tanda pagar)KODE POLI”

Sampai sini anda sudah terdaftar di database RSUD Depok sebagai pasien. Lalu ketika akan berobat dan memilih poliklinik, maka bisa gunakan format DAFPAS#KODE POLI. Untuk kode poli diawali 3 karakter kode poli (strip) nama depan dokter.

Contoh: DAFPAS#ANA-INDRA

Artinya: ANA = Poliklinik Anak, INDRA = dr. Indra

Untuk pendaftaran poliklinik hanya bisa dilakukan pada jam 03.00 – 06.00 dihari dimana kita akan berobat. Jadi, kalau hari ini anda akan berobat, bangunlah jam 3 pagi, kemudian gak usah datang ke RSUD Depok dan gelar tikar disana, tapi cukup dari tempat tidur kita “mengambil” nomor antrian dokter dengan cara SMS. Jika jawabannya dokter tidak praktek, coba dokter lainnya di poli yang sama, atau coba dihari lain saat dokter itu praktek kalau kita memang “fanatik” pada dokter tersebut.

Jika berhasil akan ada jawaban “Terimakasih anda sudah mendaftar, silahkan datang dan mendaftar ulang pada pukul : 08.30 WIB, dengan no urut: 1” (Nomor urut sesuai dengan nomor yang kita dapat saat SMS, kalau kita SMS duluan ya dapat nomor paling awal).

Semua format SMS diatas dikirim ke nomor  0858 1181 1833.

Untuk format lengkapnya dapat dilihat disini.

Sebagai warga Kota Depok, saya berharap pemerintah kota Depok dapat terus memperbaiki layanan RSUD Depok agar bisa menjadi Rumah Sakit kebanggaan warga Depok. Saya salut kepada para karyawan, tenaga kesehatan dan dokter yang sudah cukup ramah dan murah senyum serta tidak membeda-bedakan pasien umum dengan pasien BPJS. Namun kedepannya, tentu tugas pemerintah kota khususnya Dinas Kesehatan untuk terus membangun sarana dan prasarana RSUD Depok menjadi lebih baik lagi sampai akhirnya stigma buruk masyarakt terhadap pelayanan RSUD dapat dihilangkan.

Oke, sekian dulu postingan kali ini, semoga bermanfaat buat anda para pengunjung blog ini.

Baca Juga Dong...

No comments:

Post a Comment

Jika berkenan, kamu bisa memberikan komentar disini, dan jika kamu punya blog, saya akan kunjung balik :)