12 July 2016

Haruskah kita memusuhi orang Cina?

perilaku orang cina
Kalau ditanya dengan pertanyaan demikian, saya akan menjawab “Tidak!!!” Mengapa??? Sebagai muslim saya tidak disibukan dengan suku, agama, ras dan antar golongan. Muslim diajarkan tidak boleh rasis seperti halnya orang kulit putih terhadap kulit hitam di Amerika sana. Meskipun sudah seagama, sama-sama penganut kristen, namun bagi sebagian orang kulit putih, orang kulit berwarna adalah golongan kelas dua dan sikap ini masih terus ada dan terpelihara. Dan pada waktu-waktu tertentu sering terjadi insiden antara kedua ras ini.

Dalam kitab suci Al Quran surat Al Hujurat:13 dikatakan sebagai berikut:

“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal…”

Sudah cukup jelas bahwa setiap muslim diperintahkan Allah untuk saling mengenal dengan berbagai suku bangsa di dunia ini. Oleh karena itu, Islam menjadi agama yang paling cepat penyebarannya, karena Islam disebarkan tidak dengan perang, tapi dengan "berkenalan." Meskipun Islam adalah agama termuda dilihat dari kalender Hijriyah yang saat ini baru mencapai 1437 H (sedangkan kalender Masehi/Kristen sudah mencapai 2016 M. Kalender Budha sendiri sudah mencapai 2560), tapi pesatnya perkembangan Islam jika mengikuti trennya diprediksi akan menyamai penganut kristen pada tahun 2050 dan melampauinya serta menjadi agama terbesar di dunia pada 2100. sumber

Kembali ke "memusuhi Cina", akhir-akhir ini kita mulai melihat kembali sentimen anti Cina. Sebenarnya, bukan orang Cina nya yang "di-antiin" tapi kelakuan oknum-oknum orang Cina-nya. Kita sudah tahu bahwa pelaku mega korupsi BLBI adalah orang-orang Cina. Kemudian di DKI ada orang Cina yang memimpin jauh dari sikap simpatik, belum lagi memanasnya kawasan Natuna dimana Cina mengklaim sebagian wilayah Natuna adalah milik mereka.

Selain itu ada publik figur yang merupakan orang Cina melakukan aksi bodoh dan tidak simpatik, sepeti berikut ini:

koruptor BLBI
Oknum orang Cina yang telah merampok Indonesia (sumber internet)
Selama ini jika ada seorang muslim dan pribumi melakukan korupsi, beritanya begitu dibesar-besarkan apalagi jika dia dari partai Islam. Padahal kerugian negaranya sangat jauh dibanding para koruptor diatas yang entah dimana sekarang mereka berada, tidak pernah pula merasakan bui.

Arogansi Ahok Gubernur Cina
Arogansi Ahok membuat banyak orang antipati pada orang Cina, padahal
banyak nasihat dari orang Cina sendiri agar Ahok lebih humanis (sumber kaskus)
Gubernur Basuki Tjahya Purnama alias Ahok alias Zhang Wan Xie adalah gubernur yang tidak sengaja naik dari sebelumnya wakil Pak Jokowi sebelum maju nyapres. Kini Ahok menjadi gubernur meneruskan Pak Jokowi. Sikapnya yang arogan, menggusur pedagang kecil, pemukiman miskin dengan alasan menegakan perda. Anehnya tidak ada gerakan donasi buat pedagang dan penduduk yang digusur Ahok. Okelah karena memang ada perda yang harus ditegakan Ahok sebagai gubernur, sebagai pribumi kita dituntut sadar dan tahu diri.

perilaku orang cina
Orang Cina "menginjak" pribumi

Apapun alasannya, kita bisa melihat dalam gambar diatas adalah foto seorang pribumi diinjak oleh orang yang kita tahu adalah keturunan Cina. Entah apa maksudnya, jelas perbuatan tersebut jauh dari perilaku intelek.

Kemudian saat saweran warteg pelanggar perda, ternyata salah satu penggagasnya adalah lagi-lagi orang Cina. Dampaknya panjang, banyak perda dicabut oleh pemerintah pusat karena dianggap perda "intoleran." Tapi anehnya perda "intoleran" di Bali saat Nyepi maupun di Papua saat ibadah Minggu kok gak ikutan dicabut?!

perilaku orang cina
Orang Cina suka donasi, pelanggar perda larangan jualan saat jam puasa Ramadhan diberi donasi.
Tapi giliran Ahok gusur pedagang dan rumah rakyat miskin, kemane aje koh kok gak donasi juga?

Tambahan dari Ernest, sikap tidak simpatik dan arogannya lagi-lagi menuai kritik, seolah menuduh guru di Indonesia sering melakukan kekerasan. Koh Ernest, mending sekolahkan saja anakmu di RRC.

perilaku orang cina
Orang Cina belum apa-apa sudah mengancam guru? Sekolahkan saja anakmu di RRC!

Di keluarga saya sendiri sebenarnya ada orang Cina, dia adalah istri keponakan saya. Saya tidak tahu nama aslinya, tapi keluarga besar kami selalu memanggilnya Giok dan dia sudah mualaf. Jadi bagi pribumi maupun muslim, sebenarnya orang Cina bukanlah sesuatu yang harus dimusuhi, hanya segelintir oknum-oknumnya saja yang muncul ke permukaan dan melakukan tindakan yang tidak simpatik, yang dikhawatirkan akan menimbulkan gesekan antar etnis.

Meskipun begitu, ada orang-orang Cina yang baik dan dihargai, diantaranya Felix Siaw, Koko Liem dan tentunya Syafei Antonio sebagai salah satu pakar ekonomi syariah di Indonesia. Kemudian pahlawan Cina dan jenderal perang muslim terkenal, Laksamana Cheng Ho yang sangat membanggakan. Dan beberapa murid saya yang juga orang Cina, saya sangat menghargai mereka dan hubungan kami cukup baik.

Jadi tidak ada dalil maupun alasan apapun dalam Islam untuk memusuhi orang Cina :)

Baca Juga Dong...

No comments:

Post a Comment

Jika berkenan, kamu bisa memberikan komentar disini, dan jika kamu punya blog, saya akan kunjung balik :)