16 May 2016

Cuma Blogger Yang Bisa Merasakan Nikmatnya

Blogger alias orang yang suka menulis dan membagikan tulisannya dalam sebuah weblog. Blogger bukanlah programer apalagi hacker, walaupun tidak menutup kemungkinan seorang programer atau hacker juga ikutan ngeblog.

Pada postingan kali ini, kakbayu seorang blogger “flamboyan” yang telah malang melintang dalam dunia per-blogger-an namun tidak pernah terkenal apalagi masuk tivi akan memberikan kenikmatan kepada anda semua, eh maksudnya menjelaskan apa kenikmatan yang dirasakan seorang blogger.

1. Merasa berada di kasta tertinggi dalam sosial media

Kita tahu bahwa sosial media itu banyak sekali, baik yang berbasis aplikasi seperti Whatsapp, Line, BBM. Maupun yang berbasis website seperti Friendster, Facebook, Twitter, Instagram dan Blog. Kalau boleh diurutkan, dari kasta terendah dan ter-alay sampai kasta tertinggi dan ter-flamboyan adalah:

Friendster > Facebook, Google+ dan sejenisnya > Twitter, Instagram dan sejenisnya > Blog.

Jadi jika posisi kamu masih berada pada level Friendster dan lagi sibuk bikin gliter-gliter alay, segera bertobat dan tingkatkan level sosial media kamu.

2. Bisa punya nama domain sendiri

Kalau kamu punya blog, kamu bisa menggunakan nama pilihan kamu untuk alamat domain kamu. Misal nama kamu Upin, kamu bisa bikin jadi upin.blogspot.com. Kalau kamu mau sedikit modal membeli nama domain berbayar, kamu bisa membelinya dan membuat nama seperti misalnya nama blog ini, kakbayu.web.id.

3. Bisa ikut kontes blog

Banyak sekali kontes-kontes yang diadakan oleh perusahaan atau pemegang merk tertentu yang pesertanya ditujukan untuk para blogger. Misalnya saja kontes SEO dengan merebut kata kunci pada mesin pencarian Google maupun kontes review/ulasan terhadap sebuah produk tertentu. Hadiahnya pun tidak tanggung-tanggung, sampai puluhan juta dan juga berupa barang lainnya. Dan hanya blogger yang bisa mengikuti.

4. Bisa menjual space untuk iklan

Kalau blog kamu ramai pengunjung, kamu bisa menawarkan kepada pengunjung yang mungkin memiliki usaha atau apapun yang ingin diiklankan di blog kamu. Atau kamu juga bisa meminta iklan oleh Google maupun layanan iklan lainnya, dan kamu hanya tinggal menyediakan space (ruang) untuk meletakan iklan-iklan itu. Dari iklan itu maka blog kamu akan menghasilkan uang.

5. Bisa jadi “penguasa”

Biasanya kalau kamu ikut forum-forum di media sosial, ada orang yang disebut admin yang berkuasa dan bisa seenaknya menutup atau menghapus tulisan kita jika dianggap tidak sesuai dengan rule yang berlaku. Tapi di blog kamu, kamu adalah penguasanya. Selama tidak melanggar undang-undang yang berlaku, blog kamu gak akan di blokir oleh internet sehat. Kalau kamu menggunakan platform blogger seperti blog ini, tentu kamu juga harus patuhi aturan Google, namun tentu Google lebih longgar daripada admin sebuah forum diskusi yang sok kuasa. Yang penting blog kamu jangan sebarkan virus/program jahat dan pembajakan hak cipta.

6. Nikmatnya melihat jumlah pengunjung

Tiap blog memiliki catatan (log) yang mencatat jumlah pengunjung haruan, mingguan, bulanan. Ini sebuah kenikmatan tersendiri ketika kita melihat pengunjung hari ini tembus diangka tertentu. Kita juga bisa melihat berapa kali sebuah artikel yang kita terbitkan menghasilkan hit (dibuka oleh pengunjung). 

7. Melihat ranking blog kita di Alexa

Alexa adalah tools dibawah Amazone yang mencatat trafik sebuah blog baik trafik dunia maupun di tiap negara. Alexa akan memberi ranking kepada website (termasuk blog tentunya) berdasarkan trafiknya. Semakin kecil semakin dianggap baik web tersebut. Google.com sendiri menempati posisi pertama dan facebook di posisi kedua dunia. Blog ini sendiri saat saya menulis postingan ini di posisi 800ribuan dunia. Lumayanlah, dari 672.985.183 juta website di dunia (data tahun 2013 internetlivestats[dot]com) dan entah berapa puluh juta yang sudah terdata di Alexa (terlepas dari pro kontra para master blogger tentang sistem perankingan Alexa), Alexa bisa dijadikan cerminan ramai tidaknya sebuah blog. Ada keasyikan sendiri menikmati naik turunnya ranking Alexa, dan bisa membuat kita termotivasi untuk terus menulis konten.
Semua itu hanya bisa dinikmati oleh seorang blogger !

Baca Juga Dong...

No comments:

Post a Comment

Jika berkenan, kamu bisa memberikan komentar disini, dan jika kamu punya blog, saya akan kunjung balik :)