29 February 2016

Tumis Sawi Tempe Saus Tiram Ala Chef Kepepet

resep masakan tumis sawi
Selama istri gue mabok akibat tri semester pertama kehamilan, sekarang gue semua yang handel segala urusan rumah tangga. Cuci baju, cuci piring, ke pasar, ngepel dan memasakpun gue yang lakukan. Nah ngomong-ngomong tentang memasak, gue sekarang jadi bisa masak tumis kangkung, sayur bening dan masak nasi di magic com.

Baru aja tadi gue memasak tumis sawi dengan tempe potong dadu, dan kebeneran rasanya enak maka supaya itu resep gak hilang gue mau abadikan di blog ini.

Gue kasih nama resepnya TUMIS SAWI TEMPE SAUS TIRAM. Bahan-bahannya:

1. Tempe (diganti tahu juga enak)
2. Sawi
3. Bawang merah 3 siung
4. Bawang putih 2 siung
5. Cabe merah sesuai selera
6. Cabe gila atau rawit sesuai selera
7. Kecap Manis
8. Saori Saus Tiram
9. Garam dan penyedap rasa.
10. Gula
12. Minyak goreng
13. Air secukupnya

Cara memasaknya, gampang juga:

Tempe potong dadu lalu goreng sampai menguning. Setelah itu angkat dan tiriskan minyaknya. Kemudian bawang merah, bawang putih, cabe merah dan cabe rawit/gila di iris tipis-tipis. Kalo gak sabaran dirajang aja sampe halus. Sawi dicuci bersih dan dipotong-potong, kalau males motong pakai pisau, bisa disobek-sobek aja daun sawinya, terus batangnya dipotek-potek.

Setelah itu tumis bawang merah, bawang putih, cabe merah dan cabe rawit sampai mengeluarkan aroma rempah :P, lalu masukan tempe yang tadi sudah di goreng setengah matang. Aduk-aduk dah sampai merata. Setelah itu masukan sawi dan aduk terus sampai sawi agak layu lalu siramkan air. Ketika disiramkan air kalau menimbulkan suara “wusssh”  berarti anda telah berhasil sampai dilangkah ini.

Terus aduk lalu masukan kecap manis dan saus tiram sesuai selera. Kebetulan dirumah ada saus tiram hehe... Terus diaduk, kasih gula, garam dan sedikit penyedap rasa (Ajinomoto), lalu tutupi dan biarkan mendidih.

Semua takaran gue cuma pake feeling aja, dicicip kalau sudah enak biarkan sampai mendidih, kalau kurang enak coba tambahkan garam atau solusi terakhir tanya istri apa yang kurang hehe...

Tadi sih gue bikin rasanya enak, nah kalau mau coba sendiri, feeling harus dapat :D

This is it J TUMIS SAWI TEMPE SAUS TIRAM J

Baca Juga Dong...

No comments:

Post a Comment

Jika berkenan, kamu bisa memberikan komentar disini, dan jika kamu punya blog, saya akan kunjung balik :)