27 February 2016

Pertanyaan Kasir Saat Belanja di Indomaret atau Alfamart

catatan kakbayu
Yang pernah belanja ke Indomaret atau Alfamart, pasti kasirnya selalu bertanya kepada kita sebagai pelanggannya. Dan pertanyaan itu selalu sama di setiap Indomaret maupun Alfamart manapun. Sebelumnya, pasti lo udah pada tahu dong apa itu Indomaret dan Alfamart? Itu loh, minimarket swalayan yang pertumbuhannya sangat cepat dan uniknya dimana ada Indomaret disitu pasti ada Alfamart, entah mengapa padahal yang barang yang dijual sama, tapi selalu saja setiap ada Indomaret pasti ada Alfamart. Udah gitu dilihat sekilas bentuk pasar swalayan ini hampir mirip, sampai-sampai kalau gue udah didalam salah satunya, gue suka gak sadar ini di Indomaret atau Alfamart, kecuali kalau gue lihat logonya.

Nah sekarang apa aja sih pertanyaan yang akan lo hadapi ketika berbelanja di kedua minimarket ini? Cekidot:

1. Kartu Member

Ini adalah pertanyaan pertama ketika lo menaruh barang di meja kasir dan siap-siap mau bayar. Biasanya kasir selalu bertanya “Punya kartu membernya mas?” Gue selalu jawab tidak, dan setiap gue belanja di minimarket yang sama pertanyaan itu selalu diulang lagi. Padahal kasirnya baru aja melayani gue, dan pas gue balik lagi belum lama, ditanya lagi punya kartu member atau tidak. Disini gue menjawab “Tidak !”

2. Tambah belanja lagi

Pertanyaan kedua ketika kita sudah meletakan belanjaan kita dan sambil menghitung kasir bertanya: “Ada lagi lainnya mas?” Kebanyakan sih gue jawab “Enggak mbak !”

3. Isi Pulsa

Setelah selesai menghitung sejumlah belanjaan gue, kasir bertanya lagi “Sekalian isi pulsanya mas?” Karena gue juga jualan pulsa, jawaban gue pasti “Enggak mbak, terimakasih !”

4. Donasi

Setelah gue bayar dan jumlah uang gue diinput, lalu munculah kembalian. Kalau ada kembalian lebih 100 sampai 400 rupiah, kasir langsung bertanya “Seratusnya boleh di donasikan mas?” Biasanya gue jawab “Iya!” Ini yang sulit sebenarnya, gue gak tahu dana gue didonasikan kemana dan untuk apa. Tapi kalau gue gak donasi kesannya ribet aja, uang seratus-dua ratus rupiah aja diminta. Mungkin pembeli lain juga merasakan hal yang sama, serba salah. Harusnya kalau mau donasi, lebih baik Indomaret atau Alfamart menyediakan kotak donasi di meja kasir. Kembalian pelanggan harus utuh sesuai yang tercetak di mesin kasir. Perkara pelanggan mau donasi atau tidak, itu hak pelanggan. Kembalian itu hak pelanggan, karena kan kalau pelanggan membayar kurang seratus tupiah saja pasti ditolak.

5. Plastik

Ini yang terbaru, kasir akan bertanya “Di plastikin belanjaannya mas?” Hadeuh, ya nambah lagi dua ratus rupiah. Dua ratus rupiah sih gak seberapa, tapi kalau dipikir-pikir misalnya jumlah orang yang belanja di seluruh Indomaret dan Alfamart  se-Indonesia dalam sehari 10 juta orang saja yang meminta plastik berbayar, maka nilai transaksinya Rp. 200 x 10.000.000 =  Rp. 2M. Itu untuk satu hari saja, bagaimana kalau sebulan?

Itulah pertanyaan yang harus gue hadapi ketika belanja di Indomaret dan Alfamar, tentunya lo juga mengalaminya sampapi hapal luar kepala J CU

Baca Juga Dong...

No comments:

Post a Comment

Jika berkenan, kamu bisa memberikan komentar disini, dan jika kamu punya blog, saya akan kunjung balik :)