26 January 2016

Menikmati Jaringan 4G Tanpa Harus Ganti Ponsel 4G

Teknologi 4G komersil kini mulai merambah tanah air. Tiap hari kita “digempur” dengan berbagai macam iklan layanan 4G LTE yang menawarkan kecepatan bekali-kali lipat dibanding teknologi sebelumnya. Nah kalau kamu ingin menikmati jaringan 4G tapi kamu sudah terlanjur membeli smartphone non 4G, kamu gak perlu khawatir. Karena kamu masih menikmati jaringan 4G dengan beberapa cara berikut:

1. Membeli Modem 4G

modem 4G
Modem 4G
Membeli modem yang memiliki kapabilitas 4G untuk digunakan di laptop adalah salah satu cara untuk menikmati jaringan 4G. Namun kita harus memiliki setidaknya laptop dengan port USB yang akan digunakan untuk mengarungi internet super cepat saat ini. Setidaknya harga modem 4G sekitar 300-400 ribuan, tentu ini lebih murah ketimbang membeli smartphone 4G yang harganya 1 juta keatas untuk yang merk Cina maupun lokal.





2. Menggunakan MiFi

Mobile WiFi atau yang sering disingkat MiFi adalah sebuah hotspot portable yang memiliki fungsi modem, router dan acces point. MiFi mampu memancarkan jaringan wireless fidelity untuk digunakan oleh gadget-gadget yang terhubung padanya. Sebuah MiFi yang memiliki kapabilitas 4G tentu dapat mengakses jaringan 4G dan dibawahnya, sehingga kalau kita ingin merasakan cepatnya layanan 4G, Mifi bisa dijadikan salah satu solusinya. Dengan MiFi bahkan kita tidak perlu mengganti smartphone dengan yang 4G ataupun harus memiliki laptop. Tapi kita bisa menggunakan smartphone 2G / 3G yang sudah kita miliki, yang penting ada fitur WiFi nya. Harga modem Mifi sendiri sekitar 500 ribu keatas tergantung merk dan fitur-fiturnya.

Nah itulah cara yang lebih ekonomis untuk menikmati 4G namun tidak memiliki smartphone 4G. Harga modem 4G maupun MiFi 4G masih lebih ekonomis ketimbang mengganti smartphone kita dengan yang sudah 4G.

Baca Juga Dong...

2 comments:

  1. Saya udah punya smarthone 4G sejak tahun kemarin, tapi barubisa nikmatin 4G LTE akhir2 ini... Maklum, daerah pedalaman hehehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya baru saja beli ponsel 3,5 G. Awalnya mau beli Lumia 640 LTE yang udah 4G tapi saat itu kosong. Akhirnya beli Lumia 640 XL. Sebenarnya jaringan 3,5 G yang sudah sampai 42 Mbps untuk sebuah ponsel sudah sangat mencukupi, asal stabil dan kuat sinyalnya. Saya lebih prefer menggunakan 4G untuk laptop saja. Tapi lebih sering sih pakai WiFi kabel optik, walaupun WiFi 10 Mbps tapi sangat-sangat stabil dibanding 3,5 G yang katanya sampai 42 Mbps atqau 4 G yang 100Mbps namun sinyal masih putus nyambung dan malah sering handover sampai 2G :D

      Delete

Jika berkenan, kamu bisa memberikan komentar disini, dan jika kamu punya blog, saya akan kunjung balik :)