16 October 2015

Tujuan Dalam Pendidikan


Di dalam bukunya Beknopte Theoretishce Paedagogiek, Lengeveld mengutarakan macam-macam tujuan pendidikan sebagai berikut:

1. Tujuan Umum

Disebut juga tujuan sempurna, tujuan terakhir, atau tujuan bulat. Tujuan umum adalah tujuan di dalam pendidikan yang seharusnya menjadi tujuan orang tua atau pendidik lain, yang telah ditetapkan oleh pendidik dan selalu dihubungkan dengan kenyataan-kenyataan yang terdapat pada anak didik itu sendiri dan dihubungkan dengan syarat-syarat dan alat-alat untuk mencapai tujuan umum itu.

2. Tujuan-tujuan Tak Sempurna

Yang dimaksud tujuan tak sempuarna atau tak lengkap ialah tujuan-tujuan mengenai segi-segi kepribadian manusia yang tertenntu, yang hendak dicapai dengan pendidikan itu, yaitu segi-segi yang berhubungan dengan nilai-nilai hidup tertentu, seperti keindahan, kesusilaan, keagamaan, kemasyarakatan, dan seksual.

3. Tujuan-tujuan Sementara

Tujuan sementara ini merupakan tempat-tempat perhentian sementara pada jalan yang menuju ke tujuan umum, seperti anak-anak dilatih untuk belajar kebersihan, belajar berbicara, belajar berbelanja, dan belajar bermain (bersosialisasi) dengan teman-temannya.

4. Tujuan-tujuan Perantara

Tujuan ini bergantung pada tujuan-tujuan sementara. Umpamanya, tujuan sementara adalah si anak harus belajar membaca dan menulis. Setelah ditentukan untuk apa anak belajar membaca dan menulis, dapatlah sekarang berbagai macam kemungkinan untuk mencapainya itu dipandang sebagai tujuan perantara, seperti metode mengajar dan metode membaca.

5. Tujuan Insidentil

Tujuan ini hanya sebagai kejadian-kejadian yang merupakan saat-saat yang terlepas pada jalan yang menuju kepada tujuan umum. Contoh, seorang ayah memanggil anaknya supaya masuk kedalam rumah, agar mereka tidak menjadi terlalu lelah, atau untuk makan bersama-sama; ayah menuntuk supaya perintahnya ditaati. Tetapi, dalam situasi yang lain, mungkin si ayah itu akan mengurangi tuntutan ketaatan itu dan hanya bersikap netral saja.
---
Diringkas dari buku Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Drs. M. Ngalim Purwanto, MP
Penerbit PT. Remaja Rosdakarya Bandung 2006 

Baca Juga Dong...

No comments:

Post a Comment

Jika berkenan, kamu bisa memberikan komentar disini, dan jika kamu punya blog, saya akan kunjung balik :)