14 October 2015

Hati-hati SONY Fakedisk, Flashdisk Palsu di Lazada

flashdisk palsu


Sebenarnya saya tidak mau posting ini, tapi saya rasa perlu kiranya pembaca ketahui bahwa hati-hati jika membeli flashdisk murah meskipun di toko online yang punya nama besar seperti Lazada. Karena ada saja merchant-merchant nakal yang suka menjual barang palsu. Saya baru saja membeli 3 buah flashdisk SONY 32GB MicroVault di Lazada seharga Rp. 60.000 – Rp. 70.000an per buah. Memang sih harga segitu terlalu murah dan seharusnya kita curiga. Tapi nama besar Lazada dengan layanan PERLINDUNGAN PEMBELI 100% serta JAMINAN KEPUASAN membuat saya mencoba membelinya dan ingin mengetahui lebih lanjut.

Datanglah flashdisk SONY, atau boleh saya menyebutnya fakedisk SONY merk yang cukup terkenal dan sering dipalsukan. Ciri fakedisknya adalah sebagai berikut:

Bentuknya seperti ini yang saya peroleh dengan warna hitam dan biru:
flashdisk sony palsu

Terdapat tulisan Made In Taiwan.
Pada ujung colokan USB terdapat tulisan “AAA” dan tidak ada nomor seri.
Jika dibaca pada Windows, terbaca 30.2 GB.
Jika di full format, tidak akan bisa. Hanya bisa di quick format.
Jika dimasukan file ukuran besar, maka jika dibuka kembali akan error atau menampilkan karakter aneh (bahkan tulisan Cina).

Jika di tes menggunakan software H2testw, hasilnya sebagai berikut:

---
The media is likely to be defective.
1.6 GByte OK (3547008 sectors)
28.5 GByte DATA LOST (59906176 sectors)
Details:24.9 GByte overwritten (52417904 sectors)
0 KByte slightly changed (< 8 bit/sector, 0 sectors)
3.5 GByte corrupted (7488272 sectors)
7 KByte aliased memory (14 sectors)
First error at offset: 0x000000006c3f0000
Expected: 0x000000006c3f0000
Found: 0x00000000aa55aa55
H2testw version 1.3
Writing speed: 19.7 MByte/s
Reading speed: 14.3 MByte/s
H2testw v1.4
---
Dari hasil tes tersebut, software menunjukan bahwa media terindikasi cacat dan sepertinya ukuran fakedisk ini sekitar 2GB. Terlihat 1,6Gbyte OK. 28.5 Gbyte DATA LOST dengan uraian 24.9 Gbyte overwritten dan 3.5 Gbyte corrupted. Artinya firmware pada fakedisk ini membolehkan Windows menulis pada sektor-sektor yang sudah berisi data. Sehingga data tersebut tertimpa dan menjadi corupt dan berulang terus sampai ukuran dianggap sudah 30.2GB, baru firmware ini mengirim informasi ke Windows bahwa fakedisk sudah penuh. CMIIW :). Sungguh firmware yang dapat mengelabui, konon di system Linux pun hasilnya sama.

Benar-benar jahat yang membuat dan menjualnya. Karena kita tahu bahwa data nilainya lebih mahal dari perangkat penyimpanan data itu sendiri. Fakedisk ini saya dapatkan melalui toko online ternama Lazada dengan nomor order #378366396 dan #385977396. Merchant-nya pun berbeda, yaitu DRAGON SHOP, SKYSHOP23 dan SKYSHOP88. Saat ini saya sedang mengurus proses retur barang tersebut, semoga Lazada dapat menyelesaikannya dengan baik, mengingat saya adalah pelanggan setia Lazada dan selalu merekomendasikan Lazada ke teman-teman sebagai toko online terpercaya, dan sudah banyak barang berkualitas dan asli saya beli dari Lazada.
---
Update 1/11/2015

Lazada telah mengembalikan dana saya untuk 3 produk flashdisk aspal ini. Layanan Lazada cukup memuaskan. Terimakasih.
---
Update 12/10/2016

Yang ingin software H2testw untuk mengecek flashdisk, silahkan klik disini

Baca Juga Dong...

64 comments:

  1. terimakasih infonya mas....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang bisa berbagi, terimakasih atas kunjungannya :)

      Delete
  2. hampir sj sy beli krn tergiur harga yg sangat murah utk FD 32GB cm 70rb, bahkan 64GB cm 95rb.. untung search2 d google dulu.. thx utk infonya sangat membantu.. :)

    ReplyDelete
  3. Syukur deh gan, harga memang gak bisa dibohongi, ada harga ada kualitas :)

    ReplyDelete
  4. tadinya mau beli fd 64 gb .. setelah membaca ini, saya tidak jadi beli, harusnya lazada lebih jelas informasi tentang kualitas barang asli atau palsunya. thx kakbayu atas info nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap berlaku: ada harga ada kualitas :)

      Terimakasih atas kunjungannya.

      Delete
  5. saya juga sudah beli yang 64Gb dan ternyata hasilnya sama dengan yang diatas 1,6Gb yang bisa digunakan.
    saya kira itu masalah karna saya menggunakan windows 10 yang di kemasan flashdisk tidak ada tulisan "Support", terimakasih untuk infonya, semoga pembaca sekalian tidak tertipu juga.

    ReplyDelete
  6. Rupanya banyak merchant-merchant nakal di Lazada, apalagi pas harbolnas begini, merchant-merchant nakal itu membuat diskon-diskon yang menipu. Sepertinya Manajemen Lazada harus segera bertindak sebelum kepercayaan konsumen hilang dan berpindah pada toko online lainnya.

    ReplyDelete
  7. wah saya telat baca review ini. 2 pekan lalu beli Sony 64 GB Rp 85.000 dan ternyata cacat seperti dijelaskan review ini. mau retur sudah terlewat batas 14 harinya. mau beri review buruk dan peringatan untuk calon pembeli lain di web Lazada, ternyata produk dan sellernya sudah tidak ada :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, cukup aneh, begitu barang diterima, langsung transaksi dianggap selesai dan gak bisa review-review lagi dan bahkan mengisi form pengembalian. Untung punya blog, jadi saya bisa tulis di blog. Kemudian saya chat dengan CS Lazada, dan dibantu untuk retur 2 flashdisk tersebut tanpa menggunakan form retur. Sedangkan yang 1 lagi saya retur sesuai prosedur.

      Delete
  8. masalahnya kenapa sampai hari ini masih dijual tuh barang

    ReplyDelete
  9. Thanks banget info nya gan
    Hampir aja saya mau beli
    Untung saya nemu blog ini
    Makasih banget gan

    ReplyDelete
  10. Wah. saya terlambat bacanya kakbayu, saya sdh terlanjur beli SONY Microvault 64GB di lazada tgl 20 des 15 , baru har ini tgl 10 jan 16 ada waktu mencobanya, ternyata betul data eror, copy movie nggak bisa di play. Kecewa banget sih nama sebesar LAZADA jual barang palsu. Kalau bisa nama sebesar LAZADA jangan dech jual barang palsu. Jaga nama dong. Trimakasih Kakbayu . robbysant@gmail.com

    ReplyDelete
  11. Sampai saat ini seller skyshop 88 masih buka, saat beli flash disk Sony 64 GB , flashdisk ini saat di buka terlihat kemasannya kasar, dari plastik murahan bukan ciri khas dari sony

    ReplyDelete
  12. Saya baru saja beli Sony 64 GB, barangnya dari fisiknya kelihatan kasar, plastiknya terlihat murahan, karena itu saya coba browsing ternyata menemukan situs ini. Thanks buat sharingnya.

    ReplyDelete
  13. Waduh ngerih... Ane sempat tergoda... Tapi ane pikir, masak iya murah banget? Nggak jadi ambil deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. anda beruntung gan :)

      Delete
    2. karena berulang kali saya hub CS Lazada suruh ngisi formulir dan ribet akhirnya sony 32GG dan 64 GG buat pajangan aja, jadi malas beli di LAZADA.

      Delete
  14. Anonymous9/2/16 07:16

    64Gb copy 46Gb yang bisa dibuka 10Gb sisanya -the archive is either in unknown format or damaged- :3

    ReplyDelete
  15. sampai hari ini tuh barang masih dijual,saya pun kena tipu.baru nyadar stlh baca tulisan ini...

    ReplyDelete
  16. bener2 lucu ya gan. kok bisa2 nya lazada keteteran gitu,
    saya setuju aja sih produk kw dipasarkan, kan emang ada segmen tertentu yang membutuhkannya (mungkin). tapi ya seharusnya ada penjelesan yg jelas di lapak ybs. jadi tidak terkesan menipu.

    thanks infonya ya. ijin share di hideatsa.blogspot.com ya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan jika bisa memberi manfaat :)

      Delete
  17. Yang baru ini, saya lihat ada microSD merk Sandisk, Kingston, dan Samsung 128GB dijual dengan harga di bawah 200ribu. Saya lihat, sellernya dari China sana, jadi pengiriman internasional... Saya kira ini OEM atau palsu, masak murah banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, pengiriman internasional, kalau ternyata itu aspal bisa sulit returnya Gan. Thanks infonya, semoga bisa bermanfaat buat pembaca lainnya yang lagi googling cari info tentang flashdisk

      Delete
  18. Anonymous2/3/16 13:24

    Hampir aja mau beli itu, browsing2 nemu tulisan ini, makasih bang, infonya sangat bermanfaat....

    ReplyDelete
  19. setelah beli, beberapa menit kemudian baca artikel ini.. ;(

    ReplyDelete
    Replies
    1. retur aja gan segera setelah barang diterima

      Delete
  20. Hadeeh, jadi watir neeh, ane baru beli Kingstone 128gb dari Laz, cuma sebagian komp yang bisa baca, yang lainnya ngga bisa buka & ngga bisa format.
    Ini lagi coba check disc pake H2testw tapi lama bgt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lama banget ceknya 128gb udah 2x cek di abort terus soalnya lebih dari 5 jam, keburu pulang kerja.
      Tadi start jam 8 pagi sampe sekarang 13:00 baru setengahnya.

      Delete
    2. Kalau beli flashdisk mending merk SanDisk atau Toshiba aja gan. Katanya sih Kingston itu kalau soal performa memang lambat.

      Delete
    3. owh dear, baru inget, ane mo komen untuk Kingstone 128gb ane.
      Hasilnya ancur!!!
      Ngga tau salahnya dimana, tapi pertama beli bisa dipake,
      itupun cuma sebentar trus minta di format lagi, bisa sebentar, trus format lagi.
      akhirnya saya partisi pake partition light, hasilnya malah komputer ane harddiscnya corrupt setelah beberapa jam format.
      adik saya juga coba format, hasilnya harddisc computernya rusak juga.

      Delete
    4. Wah harddisk komputernya bisa ikutan rusak?!

      Delete
  21. barusan ambil yg 64gb, dipikir lumayan pake vocer juga, ga sengaja nemu artikel ini, langsung chat CS minta cancel :), ga apalah nunggu 7-14 hari buat refundnya

    ReplyDelete
  22. barang baru nyampe dari lazada aga curiga bas ada artikel ini hueeee... pengen return Caranya gimana yaa.. barang baru sampe soalnya. Pas di cek di akun lazada malah masih proses pengiriman padahal barang sudah sampe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga awalnya begitu, barang sudah sampai tapi status masih proses pengiriman. Tiba-tiba status berubah barang sudah diterima dan transaksi dinyatakan selesai. Otomatis kan kita tidak bisa komplain dan retur. Licik sekali :D

      Tapi masih ada solusinya, gunakan fasilitas chat dengan CSO Lazada, nanti dibantu pengembaliannya tanpa isi formulir. Itu yang saya lakukan terhadap 2 diantara flashdisk palsu tersebut. Sedangkan yang 1 unit berhasil saya isi formulir returnya.

      Delete
  23. Tks y gan...sy nyaris aja beli tuh barang...untung sy browsing dlu...

    ReplyDelete
  24. apakah tidak bisa di format pakai situs nya sony gan?? saya jga kena jebakan betmen nich 64 gb, yg kepake cma 8 gb, sisanya dah ga bisa di apa apain...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau memang masalahnya di hardware ya sudah tidak bisa diapa-apain lagi gan, hanya bisa digunakan sesuai ukuran sebenarnya.

      Delete
  25. Wah, kalau ini sudah lama ada di Lazada mas. Dan saya pun gak tergiur sama sekali dengan flashdisk ini, karena masih banyak merk lain yang lebih meyakinkan sebagai penyimpanan eksternal seperti SanDisk, Kingston, Toshiba, dll. Flashdisk 64GB dengan harga segitu saya sama sekali gak tertarik, karena sudah pasti palsu, apalagi besutan merk ternama.

    ReplyDelete
  26. Anonymous12/4/16 22:07

    persis sama yg saya alami gan. tp saya jadinya dipajang aja ini sony :( btw toko aksesoris elektronik yang menjual produk asli apa ya? khususnya fd. Thanks

    ReplyDelete
  27. Banyak sih gan toko yang menjual produk asli, kalau menurut ane sekarang mending ke toko fisik aja kalau mau beli flashdisk deh, bisa langsung di pegang dan dilihat bentuknya. Saran juga, jangan membeli flashdisk di counter HP, karena banyak juga yang jual aspal. Mending di toko spesialis aksesoris komputer yang sedikit besar. Jangan juga di toko buku dan peralatan kantor, karena biasanya harganya lebih mahal ::D

    ReplyDelete
  28. terimakasih KakBayu infonya, hampir aja beli di Mataharimall dg seller skyshop. sudah sempat chat dengan CS nya dan kasih masukan dijawab sm cs kurang lebih yg intinya kalau itu flashdisk untuk segmen pasar low end,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalaupun untuk segmen pasar low end seharusnya spesifikasinya tidak menipu. Jual saja yang 2 atau 4GB. Jangan bilangnya 32GB tapi kapasitas sebenarnya cuma 2GB, ini kan membahayakan data.

      Terimaksih kunjungannya :)

      Delete
  29. SAYA UDAH BELI 64GB PANTESAN SERING BGT DATA YG SAYA COPY JADI ERROR MALAH KADANG GAK KEBACA

    ReplyDelete
  30. Kak Bayu ... Terima kasih atas infonya tapi saya telat baca blog ini dan barang sdh saya terima hari ini. Barang blm saya buka dari kemasannya . Bisakah kak Bayu membantu , langkah langkah apa yg harus saya lakukan untuk mengecek flash disk ini . Mohon respond nya kak ... Sialnya saya beli 6 pcs ... Aduuuhhh Lazada payah banget sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. anda bisa coba cek dengan aplikasi H2testw seperti yang saya lakukan. Jika ternyata memang flashdisknya bermasalah, hasil cek nya di print sertakan saja untuk retur ke Lazada

      Delete
  31. sayang nya saya baru baca artikel ini dan barang nya udah sampe.. hasilnya sama seperti di artikel dan folder2 yang sudah tercopy tidak ada isi nya... sekarang mau di hapus satu per satu gak bisa.. mungkin harus di format :'( :'(

    ReplyDelete
  32. waduh! saya baru aja terima pesanan dari Blibli.com, Flashdisk SONY MicroVault 32GB. saya mengalami masalah yang sama ketika mengcopy beberapa file. ketika file yang saya isi sudah lebih dari 4GB, ada beberapa folder film yang saya copy isinya malah kode2 gak jelas dengan file size yang lebih besar dari kapasitas flashdik tersebut. saya juga temukan kode AAA pada besi USB flashdisk tersebut. ada yang tau apa itu label AAA?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata sudah sampai Blibli.
      Kode AAA?! Mungkin ada yang tahu?

      Delete
    2. *ralat:
      Maaf, bukan Blibli.com, tapi MatahariMall.com
      dan tadi saya sudah komplain masalah tersebut lengkap dengan buktinya, tapi setelah mereka cek, mereka tidak mau bertanggungjawab atas kendala produk yang saya terima. Saya dapat balasan email seperti ini: "Mohon maaf untuk perihal kendala tersebut, untuk pengembalian produk elektronik hanya dapat dilakukan 2 hari setelah produk diterima oleh Anda. Untuk produk flashdisk tersebut mohon maaf silahkan untuk dilakukan format data dan mencobanya kembali karena untuk produk sesuai dengan harga dan kualitas produk tersebut sesuai dengan deskripsi untuk produk tersebut tidak terdapat garansi dari pihak penjual. Mohon maaf Kami tidak dapat membantu untuk penggantian produk Anda tersebut."
      saya heran, kenapa mataharimall.com mau menjual barang PALSU seperti itu? flashdisk tersebut kan merk SONY, seharusnya ada garansi yang tertera pada deskripsi produk tersebut. tapi nyatanya tidak ada. kalau begitu, terbukti kan, kalau produk tersebut bukan produk asli, alias PALSU. Pihak mataharimall.com pernah menjelaskan pada saya kalau di mataharimall.com tidak menjual produk palsu atau non-original. kalau produk yang saya terima bukan produk asli, kenapa tetap dijual di mataharimall.com?

      Delete
    3. Ternyata lebih ribet ya di Matahari Mall. Kalau waktu di Lazada seperti yang saya sudah ceritakan, ketika prosedur retur otomatis gagal dikarenakan sudah di lock, saya retur melalui CS, chating-chatingan. Dan retur secara "manual" tidak melalui aplikasi web Lazada.

      Di Matarai Mall saya belum pernah belanja.

      Delete
    4. saya udah coba mulai dari LiveChat websitenya,email officialnya, hingga chat di facebook pagenya. tapi tak ada satupun yang bersedia menerima pengembalian barang saya. sungguh mengecewakan. padahal ini pertama kali saya order barang di mataharimall.com, tapi malah kesan pertama yang buruk yang saya dapatkan. semoga user lainnya bisa lebih hati-hati lagi berbelanja online, meskipun di situs online terkemuka sekalipun.

      Delete
    5. Mungkin bisa ditulis di surat pembaca misalnya di detik[dot]com agar lebih mendapat perhatian dari manajemen Matahari Mall

      Delete
  33. Thank you kakk udah ngeshare hampir aja beli fd sony 64gb

    ReplyDelete
  34. Duh saya telat..kemaren waktu mindahin data ko aneh foder ga bisa dihapus satu folder tau tau di isi file yang sama..pokonya kacau.........errorrrr kalo buat nyimpen dokumen penting sangat berbahaya...

    ReplyDelete
  35. Klo mmc sandisk yg 64gb itu gmn gan apa nipu juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya harus di cek dulu apakah harganya jauh dibawah pasaran atau tidak, dan yang paling pasti sih harus di cek secara langsung. Mungkin ada pengunjung lain yang sudah membeli dan bisa di share?!

      Delete
  36. Aku juga beli tapi ukurannya 64gb tapi juga error saat dibuka, apa itu juga palsu??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek dengan H2testw, link nya sudah saya kasih di bagian akhir postingan saya, silahkan di download.

      Delete
  37. Kak, waktu ngereturn barang pengembalian uangnya bagaimana ? Atau di ganti barang lagi? Thanks hehe
    Aku udah beli FD yg 64GB tp dari penjual yg beda sama yg udh kaka ceritain di atas. Buat jaga jaga aja sih hehe. Mohon dijawab :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uangnya dikembalikan via transfer bank beserta ongkos kirim kita mengembalikan barang

      Delete

Jika berkenan, kamu bisa memberikan komentar disini, dan jika kamu punya blog, saya akan kunjung balik :)