02 August 2015

Al Quran sebuah mukjizat yang nyata, buktinya bisa dihapal !

Al QuranAda sebuah tantangan Allah SWT bagi orang yang menganggap Al Quran adalah tulisan manusia yang berisi dongeng-dongeng purbakala. Berikut salah satu ayatnya:

"Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa al-Qur'ân ini, niscaya mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengan dia, sekalipun sebagian mereka menjadi pembantu bagi sebagian yang lain. [ al-Isrâ’/17:88]

Untuk memenangkan tantangan ini dipersilahkan seluruh ilmuwan dan ahli sastra berkumpul, bahkan kalau perlu kerahkan jin melalui dukun-dukun atau paranormal. Tapi kata Allah SWT mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengan dia (Al Quran), maksudnya serupa berarti kitab suci tandingan harus seperti berikut:

  1. Terdiri dari 6 ribuan ayat.
  2. Berisi tentang sejarah, hukum dan ilmu pengetahuan.
  3. Memiliki nilai sastra yang tinggi.
  4. Dapat dihapal oleh jutaan orang di dunia dari berbagai ragam bahasa.
Mungkin nomor 1 bisa dilakukan, mudah saja menulis sampai 6 ribuan ayat. Yang point ke-2 masih bisa lah, campurkan hukum dan sejarah biarpun hasilnya berantakan. Point 3, ya dengan keahlian para sastrawan mungkin masih bisa dilakukan. Yang point 4, ini yang mustahil ! Siapa yang mau jadi bahan percobaan menghabiskan hidup menghapal ayat-ayat sampah? Bahkan di dunia ini tidak ada orang yang menghapal kitab sucinya sebagaimana orang muslim menghapal Al Quran.

Meskipun tidak mengerti bahasa Arab, Al Quran bisa dihapal oleh anak kecil sekalipun. Sehingga Al Quran isinya selalu terjaga dan valid 100%. Jadi kalau ada orang yang ingin mengubah-ubah ayat Al Quran, maka yang harus mereka lakukan sebenarnya ada 2 langkah, yaitu:
  1. Melenyapkan seluruh cetakan Al Quran baik hard copy maupun soft copy nya.
  2. Menyuap para penghapal Quran di seluruh dunia untuk merubah bacaannya.
Apakah mungkin? Mustahil !!! Itulah bagaimana cara Allah menjaga Al Quran.

Mengapa Al Quran bisa dihapal? Tidak ada satu ilmuwan pun yang mampu menjawabnya. Berbeda pertanyannya dengan kitab agama lainnya, mengapa tidak ada yang menghapalnya? Karena itu hanya tulisan manusia atau setidaknya sudah bercampur tulisan manusia yang penulisnya saja tidak hapal dengan apa yang ditulisnya, apalagi orang lain. Sedangkan penulis Al Quran (Allah SWT) tentu hapal dengan yang ditulisnya, dan memberikan kemampuan kepada ciptaanNya untuk dapat menghapalkannya juga.

Apa kelebihan Al Quran dibandingkan kita lainnya?
  1. Bahasa Al Quran adalah bahasa persatuan ummat Islam. Berasal dari ras manapun, bangsa apapun, anda akan membaca Al Quran dengan bahasa yang sama, dan anda memiliki hak untuk menggali Al Quran dengan bahasa aslinya. Sedangkan kita suci agama lain yang mereka baca adalah terjemahannya saja. Apakah mereka pernah membaca kitab suci dengan bahasa aslinya? Mungkin hanya sedikit sekali yang pernah, itupun yang kuliah jurusan theologi. Indonesia saja memiliki bahasa persatuan, yaitu bahasa Indonesia. Masa iya agama yang entitasnya lebih besar tidak punya bahasa persatuan?
  2. Al Quran bisa dihapal, sedangkan kitab agama lain tidak ! Artinya susunan kalimat dan bunyinya diciptakan sesuai dengan fitrah manusia. Mungkin kalau kata ahli otak sesuai dengan bentuk fisiologis otak manusia :D.
Dan masih banyak kelebihan Al Quran lainnya. Tidak mengada-ada jika Al Quran dikatakan mukjizat, bisa dihapal saja sudah cukup membuktikan bahwa Al Quran adalah keajaiban. Bayangkan, 6 ribuan ayat berbahasa asing (karena tidak semua penghapal Quran mengerti bahasa Arab) bisa dihapal secara runut, berurut, dan bisa diakses secara acak. Bahkan seorang pakar hukum pun tidak hapal KUHP secara sistematis padahal itu "kitab suci" nya.

Jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang al-Qur'ân yang Kami wahyukan kepada hamba Kami (Muhammad), buatlah satu surat (saja) yang semisal al-Qur'ân itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allâh, jika kamu orang-orang yang benar. Maka jika kamu tidak dapat membuat(nya), dan pasti kamu tidak akan dapat membuat(nya), peliharalah dirimu dari neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, (neraka itu) telah disediakan bagi orang-orang kafir. [ al-Baqarah/2: 23-24] 

Baca Juga Dong...

No comments:

Post a Comment

Jika berkenan, kamu bisa memberikan komentar disini, dan jika kamu punya blog, saya akan kunjung balik :)