21 July 2015

Silaturahim dengan orang tua dan saudara

almira
Mira gak bisa diam
Silaturahim adalah hal yang penting, apalagi ketika Idul Fitri, saking ingin menyambung silaturahim, maka munculah budaya mudik di Indonesia. Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau dan bentangan wilayah yang luas serta penduduk yang tersebar, maka jika sudah waktunya menyambung silaturahim dihari yang fitri ini, berbondong-bondonglah mereka kembali ke kampung halamannya. Ketempat orang tua, sanak saudara dan handai taulan.

Saya dan istri pun demikian, tapi berhubung orang tua semuanya sudah di daerah Depok, ya jadi gak perlu mudik segala. Hari kedua kerumah ibu saya, kebetulan ibu saya sudah janda, bapak sudah lama meninggal. Kemudian hari ke tiga kerumah mertua di Citayam, dan dilanjutkan pergi ke Bojong Gede. Disini saya bertemu dengan om-om saya, adik-adik dari almarhum bapak.


foto keluarga
Mira, Om Parno dan Bu Lik
Ketika bersama mereka, rasanya saya seperti mendapati kehadiran bapak, guratan-guratan wajah mereka seperti bercerita tentang bapak. Apalagi kalau sedang ngobrol dengan om Parno, sangat-sangat mirip dengan bapak, apalagi keduanya sama-sama anggota TNI, om di TNI-AD sedangkan bapak di TNI-AL (Marinir). Gaya bicaranya hampir-hampir sama, disitulah saya suka menerawang jauh kemasa lalu tentang masa kecil dan masa muda bapak dan adik-adiknya ini, mulai dari kehidupannya di Gombong, Surabaya sampai ke Jakarta. Masa kecil yang sulit karena masih jaman perang.

Saya pernah ingat cerita ketika bapak saya masih kecil, beliau dibawa oleh kakek saya menggunakan karung, kemudian dilemparkan ke sungai agar selamat dari kejaran tentara musuh. Sampai kemudian bapak bergabung menjadi militer sukarela kalau gak salah waktu itu jaman Trikora dan kemudian bergabung dengan KKO TNI-AL dengan memalsukan tanda tangan orang tuanya. Dulu kalau mau masuk TNI bebas biaya, asal mau ikut perang aja :)

Kalau dalam Islam, silaturahim penting, mengunjungi teman atau saudara orang tua kita yang sudah meninggal dan berbuat baik kepada mereka sangat dianjurkan.

kko - marinir
Foto-foto almarhum bapak
Pada kesempatan ini, saya selaku Admin kakbayu.web.id ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Iedul Fitri 1436H, mohon maaf lahir dan bathin kepada para pengunjung sekalian.
Salam Blogger Indonesia !

Baca Juga Dong...

No comments:

Post a Comment

Jika berkenan, kamu bisa memberikan komentar disini, dan jika kamu punya blog, saya akan kunjung balik :)