13 July 2015

Modem lemot, bisa jadi kepanasan

Saat lagi asyik-asyik nya browsing, tiba-tiba modem disko atau kecepatan internet kamu menurun namun sinyal yang kamu dapatkan ternyata cukup kuat. Jika terjadi demikian, bisa jadi quota internet kamu habis :D

Tapi jika ternyata quota kamu masih banyak, bisa jadi salah satu penyebabnya modem kamu kepanasan. Jika modem kepanasan, selain bikin lemot juga bisa membuat umur modem menjadi lebih pendek. Untuk itu perlu disiasati. Modem bisa menjadi cepat panas disebabkan beberapa hal, yaitu:
  1. Desain modem yang terlalu kecil, menyebabkan komponen-komponen ditempatkan secara berdekatan. Dan sebagaimana kita ketahui bahwa komponen elektronik itu mengeluarkan panas. Oleh karena itu carilah modem yang berukuran lebih besar, atau pilihlah modem sabun (modem berbentuk kotak bukan stik).
  2. Sirkulasi udara dan ruangan yang memang sudah panas. Setidaknya memperbaiki sirkulasi udara atau menggunakan modem pada ruangan ber AC bisa menjadi solusinya.
  3. Tipe jaringan. Jaringan 3G tentu menyebabkan modem lebih panas dibanding jaringan EDGE.
  4. Sinyal dari operator. Sinyal yang lemah akan memaksa modem bekerja lebih keras. Oleh karena itu, carilah jaringan operator yang cukup baik di wilayah anda. Atau beberapa modem bisa dipasangkan dengan antena untuk penguat sinyal, mungkin ini bisa dimanfaatkan ketika anda mendapatkan jaringan operator yang lemah.
Lalu bagaimana jika modem kita masih tetap kepanasan? Sebenarnya banyak di internet yang menjual dan membuat sendiri alat pendingin modem, bentuknya bermacam-macam bahkan ada yang dilengkapi heatsink untuk ditempelkan pada modem, berikut beberapa penampakannya yang saya ambil dari internet:

 


 





Tapi yang lebih praktis menurut saya, pakai saja kipas angin dan arahkan langsung ke modem. Jika takut ada induksi elektromagnetik mempengaruhi modem, letakan kipas agak jauh dari modem. Tapi apabila kipas angin terasa terlalu besar, anda bisa membeli kipas angin mini yang ditenagai dengan power USB. Kipas angin ini cukup murah, berbahan logam dan hanya membutuhkan daya dari USB pada laptop atau adaptor untuk charger HP, tentu induksi elektromagnetiknya kecil. Ini lebih praktis dan gak ribet-ribet, serta tentunya efektif mengusir panas dari modem, bahkan bisa diarahkan ke kita juga biar gak ikutan gerah. Berikut penampakannya:

kipas mini USB
Kipas mini USB merk Sotta saat digunakan untuk mendinginkan modem

USB mini fan
Simpel, praktis dan efektif.
mini fan USB pendingin modem
Posisi modem rebah :) Adeeem !
Kipas angin mini mengusir panas pada permukaan modem secara radiasi, karena menciptakan sirkulasi udara yang lancar sehingga udara panas yang keluar dari modem terdorong dan digantikan dengan udara yang lebih dingin. Kalau mau lebih dingin, buka casing modemnya, tapi saya rasa begitu saja sudah cukup dingin.

Baca Juga Dong...

No comments:

Post a Comment

Jika berkenan, kamu bisa memberikan komentar disini, dan jika kamu punya blog, saya akan kunjung balik :)