12 July 2015

Mengapa harus Google Adsense?


sumber bersosial[dot]comAwalnya saya membuat blog, tujuannya hanya untuk eksistensi saya didunia maya. Maklum, sebagai guru yang mengajar komputer, atau dalam kurikulum sering disebut Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), sedangkan di SMK disebut Keterampilan Komputer untuk Pengolahan Informasi (KKPI), tentunya saya harus "tampil beda" dengan guru lainnya. Setidaknya jika mereka mempuanyai akun FaceBook, maka saya harus memiliki website. Disitulah saya bertekad membuat website dengan nama kakbayu.com. Mengapa nama domainnya rada-rada kampungan, kakbayu, karena disekolah tempat saya mengajar saya selalu dipanggil kakbayu. Ada juga sih yang manggil mas bayu, tapi kalau saya buat domain masbayu.com kesannya terlalu Jowo :P

Saat itu saya menggunakan hosting berbayar dan menggunakan CMS Joomla, sampai kemudian web server nya kena serangan, dan hancurlah website tersebut. Namun impian saya tidak ikut hancur. Saya memulai dari nol lagi, pindah hosting, ganti domain menjadi kakbayu.web.id. Kalau gak salah ini sekitar tahun 2008.


Disini saya kemudian mencoba mencari beberapa iklan untuk dipasang di website saya. Saya pernah ikut layanan iklan dari Indonesia, namun materi iklannya sangat-sangat tidak bagus menurut saya waktu itu. Ada materi dewasa berupa obat-obatan dan alat bantu seks, ada pula iklan yang mengandung unsur perjudian. Akhirnya saya menutup iklan tersebut. Kemudian mencoba mengajukan “proposal” ke Google Adsense.

Setelah menunggu setidaknya 1 bulan, akhirnya “proposal” saya di setujui, yang artinya website saya bisa ikut berpartisipasi sebagai publisher iklan milik Google. Namun kendalanya, karena website saya berbahasa Indonesia, maka saat itu saya hanya dapat menggunakan Adsense For Search saja. Ya tapi saya terima dengan rasa syukur :)

Sampai kemudian kebijakan Google berubah, mungkin karena sudah banyak pengiklan dari Indonesia yang target marketnya juga orang Indonesia, maka mulailah website berbahasa Indonesia dapat “menikmati” seluruh bentuk iklan dari Google Adsense.

Lalu mengapa saya memilih Google Adsense? Tentunya ada beberapa alasan;
1.      Google Adsense selalu membayar publishernya, setidaknya jika kita tidak melanggar aturan Google Adsense, akan tiba masanya juga kita menerima pembayaran.
2.      Iklan yang ditampilkan oleh Google Adsense adalah iklan-iklan bermutu, dan biasanya dengan algoritma tertentu iklan ditampilkan sesuai dengan minat pengunjung. Ini tentu menjadi nilai plus bagi pengunjug blog kita yang sedang mencari-cari barang atau jasa dari internet.
3.      Iklannya bervariasi, atraktif dan menarik. Iklan yang sering muncul di televisi nasional pun sering muncul dalam iklan Google Adsense. Kereen !!!
4.      Diberikan panduan lengkap bagaimana memaksimalkan penghasilan kita dari Google Adsense ini, berikut penilaian terhadap website atau blog kita.

Itulah mengapa saya memilih bergabung dengan Google Adsense. Selain kelebihan-kelebihan diatas, tentu ada prestise tersendiri jika web atau blog kita mendapat aproval dari Google Adsense sebagai salah satu publisher perusahaan iklan dunia maya terbesar di dunia. CMIIW.

Untuk yang baru membuat blog, tidak ada salahnya mencoba bergabung dengan Google Adsense. Perbanyak konten, tingkatkan jumlah pengunjung, lalu ajukan “proposal” ke tim Google Adsense. Semoga sukses !

Baca Juga Dong...

No comments:

Post a Comment

Jika berkenan, kamu bisa memberikan komentar disini, dan jika kamu punya blog, saya akan kunjung balik :)