04 July 2015

Cara mengecek Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) secara mandiri

Setiap tahun ajaran, saya selalu kedatangan alumni atau orang tuanya untuk meminta bukti NISN ke sekolah saya, kebetulan saya bertugas di sebuah sekolah dasar di kota Depok sebagai tenaga operator juga selain mengajar.

Ketika ada siswa yang ingin meneruskan ke jenjang SMA/SMK, beberapa dari mereka akan datang lagi ke SD untuk meminta bukti NISN karena permintaan sekolah yang bersangkutan dan kartu NISN siswa tersebut tidak ada. Padahal, jika mereka mau, mereka dapat mengeceknya sendiri. Begitupun dengan pihak sekolah SMP atau SMA nya, mengapa masih harus menyuruh mereka mengecek ke SD? Padahal kan setiap awal anak mau masuk kesekolah tersebut, anak dimintakan nomor NISN, mengapa dikemudian hari (biasanya saat daftar ulang kelas IX dan kelas XII atau saat masuk kelas X) anak harus diminta datang ke SD nya untuk meminta bukti NISN lagi? Ini yang sebenarnya membuat saya bingung. Selama siswa tersebut sekolah disana apakah tidak digunakan NISN nya pada aplikasi Dapodik mereka?

Tapi baiklah tidak usah diperdebatkan, berikut akan saya berikan cara untuk mengecek NISN siswa secara mandiri dan mencetaknya untuk kemudian diserahkan ke sekolah yang bersangkutan.


Pada SKHUN terdapat QR Code yang dilingkari merah, gunakan aplikasi pembaca QR Code pada smartphone kamu untuk men-scan-nya. Bisa di download di Android market atau Bursa pada Windows Phone. Nanti akan muncul nama kamu, nomor ujian, nilai dan termasuk NISN kamu.

SKHUN

Lalu buka website http://nisn.data.kemdikbud.go.id/ akan muncul tampilan seperti berikut:
cara mengetahui NISN


Setelah itu, pilih Data Siswa akan muncul tampilan seperti berikut:


Lakukan Pencarian Berdasarkan NISN, lalu masukan NISN kamu dan klik Cari. Jika sudah muncul hasilnya, silahkan di print out untuk diberikan kesekolah kamu sebagai bukti sah kamu pemilik NISN tersebut.

Namun jika kamu tidak mengetahui NISN kamu karena mungkin tidak mempunyai smartphone dengan aplikasi pembaca QR Code, kamu bisa melakukan Pencarian Berdasarkan Nama, dan akan muncul jendela seperti ini:
cara mengetahui NISN

Isikan Nama Siswa, Tempat Lahir dan Tanggal Lahir sesuai akte kelahiran, lalu klik Cari. Jika sudah muncul hasilnya, silahkan di cetak dan berikan ke sekolah kamu.

Kalau sudah bisa secara mandiri kan tidak perlu datang lagi ke SD, apalagi kalau kamu sekolah di luar kota, lalu datang ke Depok cuma untuk mendapatkan bukti NISN, sepertinya akan mahal di ongkos.

Semoga bermanfaat :)

Baca Juga Dong...

No comments:

Post a Comment

Jika berkenan, kamu bisa memberikan komentar disini, dan jika kamu punya blog, saya akan kunjung balik :)