25 June 2015

Kakbayu Pindah Ke Blogspot

pindah hostingSetelah lebih dari 10 tahun (dari sebelum tahun 2005) saya menggunakan hosting berbayar dan memakai platform Joomla jadul versi 1.xx, akhirnya saya memutuskan untuk menutup blog saya tersebut. Kebetulan pada tanggal 26 Juni plus 3 hari sewa hosting saya sudah berakhir dan dari pihak hosting sudah mengirimkan tagihan, dan ternyata harga sewanya naik Rp. 5.000/bulannya. Waduh, ternyata kondisi ekonomi Indonesia turut mempengaruhi harga sewa hosting.

Tapi sebenarnya sih bukan karena naiknya harga tersebut, melainkan lebih kepada saya merasa core website Joomla saya sudah terlampau jadul. Mau upgrade, sama aja install ulang. Satu lagi, Joomla saya tersebut tidak support tampilan mobile, padahal jaman sekarang ini kebanyakan orang mengakses website ataupun blog menggunakan perangkat mobile, seperti smartphone dan tablet.

kakbayu.web.id
Tampilan terakhir kakbayu.web.id dengan Joomla nya :)
Tiap hari Google (Adsense) memperingatkan saya, kalau blog saya tidak mobile friendly, alias kalau ditampilkan pada mobile device, hasilnya berantakan, linknya susah disentuh karena terlalu kecil dan sebenarnya semua itu karena si Joomla versi jadul yang tidak bisa membedakan mana desktop mana mobile.

Awalnya bimbang, karena disana sudah banyak artikel yang saya tulis, jumlahnya lebih dari 300 artikel. Hehe 10 tahun ngeblog cuma 300 artikel, terlalu sedikit ya :p Tapi, jelek-jelek begitu blog lama saya sudah berhasil mengantongi lisensi sebagai publisher Google Adsense :D

Akhirnya tekad saya semakin bulat, apalagi ketika tagihan webhosting saya membengkak :P. Saya harus hijrah, dari hosting berbayar ke free hosting (kalo gak mau disebut gratisan :D ). Kebetulan saya dari jauh-jauh hari sudah menyiapkan blog ini, awalnya saya gunakan untuk menampung gambar, supaya space hosting saya yang cuma 100mb gak cepat penuh. Tapi sekarang, blog ini yang menjadi ujung tombak saya di dunia maya. Ini rumah baru saya, numpang di Google :)

Namun demikian, domain saya tentu gak mau yang gratisan dong. Maka saya bawa domain saya kesini, domain yang telah berumur 10 tahun.

Tapi ternyata, gak semudah yang dibayangkan untuk mengarahkan domain ini ke "rumah barunya", terpaksa cari-cari info ke tetangga dan ternyata banyak tutorialnya. Jadi intinya domain saya ini tidak ada fasilitas manage DNS, akirnya saya melakukan beberapa langkah-langkah yang saya baca dari berbagai tutorial.

Pertama, memasukan nama domain saya ke blogspot, lalu error dan tampilah cname dan parameter lainnya dari blogspot yang akan kita gunakan untuk konfigurasi DNS.

Berhubung saya membeli domain sendiri, tidak melalui webhosting dan ternyata itu tadi, domain saya tidak ada manageDNS. Akhirnya main-main ke blog tetangga, dapat deh freeDNS.afraid.org. Register, lalu isi paramater yang diberikan blogspot kedalam pengaturan domain.

Kurang lebih begini konfigurasinya :)

Setelah itu, masuk ke pengaturan domain kita, dan arahkan ke servernya afraid. Tunggu deh kira-kira 6 jam untuk propagasi. Setelah itu, buka blogspot dan dan sedikit pengaturan untuk pengalihan. Sorry, saya tidak mendetail menjelaskannya. Banyak kok tutorialnya di internet.

Akhirnya, saya pindah ke rumah baru saya yang meskipun gratisan tapi cukup lega. Benah-benah dulu ah....

Baca Juga Dong...

No comments:

Post a Comment

Jika berkenan, kamu bisa memberikan komentar disini, dan jika kamu punya blog, saya akan kunjung balik :)