28 June 2015

Ngeblog-lah Sebagai Manusia


Baru kali ini merasakan punya blog kontennya cuma 3 biji. Setelah kemarin pindah dari hosting berbayar ke hosting Blogspot, semua data memang tidak di backup. Tulisan-tulisan terdahulu dibiarkan saja hilang. Saatnya memulai blog baru dengan konten-konten baru pula.

Sebagaimana kita ketahui, bahwa kekuatan sebuah blog itu adalah kontennya, itu kalau yang ngeblog berniat mendatangkan pengunjung manusia. Tapi kalau ngeblog cuma mau dikunjungi search engine, biasanya isi blog nya juga kurang enak dibaca. Penuh kata kunci dan pengulangan-pengulangan kalimat.

Sepertinya ada 2 mazhab dalam ngeblog, pertama adalah orang yang ngeblog dengan mengandalkan tulisan/konten-konten yang "manusiawi", maksudnya si blogger berniat menulis, berbagi, dan memberikan suatu manfaat bagi pengunjungnya. Sedangkan mazhab satu lagi adalah blog yang diciptakan dari awal untuk membuat betah mesin pencari, tujuannya adalah biar selalu berada dalam urutan terdepan pada mesin pencari, namun setelah dibuka dan dibaca, isinya acak-acakan, bahkan kadang malah tidak nyambung dengan hasil pencarian.

Oleh karena itu, ngeblog-lah sebagai manusia, dan tujukan tulisan-tulisan anda untuk manusia, setidaknya untuk anda baca sendiri sebagai catatan misalnya. Kalau blog-blog yang model full SEO, yang dibuat untuk "robot", kan dibaca sendiri saja tidak enak, apalagi dibaca orang lain. Yakinlah bahwa tulisan yang anda tulis didalam blog anda yang ditujukan untuk manusia, pasti akan ada yang membaca juga, meskipun tulisan itu hanyalah tulisan ringan yang menurut kitapun asal goblek. Karena saya sendiri suka mengunjungi blog-blog yang berisi cerita-cerita sehari-hari, tidak komputer melulu atau tidak SEO melulu. Namun memang perlu juga ada tulisan-tulisan andalan yang kita buat dengan serius dan memberikan manfaat bagi pengunjung yang datang.

Oke, sekian dulu tulisan ini, lumayanlah buat ngisi-ngisi konten yang masih minim begini, maklum warga baru di Blogspot.

Baca Juga Dong...

2 comments:

  1. Anonymous29/6/15 03:32

    Kalau buka blog kemudian isinya iklan semua, lagi dibaca nongol iklan maksa minta di klik, mending gue tutup

    ReplyDelete
  2. Sama gan, mending ada iklan tapi iklannya menarik dan bagus kualitasnya serta tidak menggangu saat kita membaca konten.

    ReplyDelete

Jika berkenan, kamu bisa memberikan komentar disini, dan jika kamu punya blog, saya akan kunjung balik :)